Definisi Belajar Menurut Para Ahli


Belajar adalah serangkaian kegiatan jiwa raga untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman individu dalam interaksi dengan lingkungannya yang menyangkut ranah kognitif, afektif dan psikomotor.  Perubahan yang terjadi itu sebagai akibat dari kegitan belajar yang telah dilakukan oleh individu. Menurut Djamarah (2015: 175) perubahan itu adalah hasil yang telah dicapai dari proses belajar. Sejalan dengan itu Syah (2011: 90) menyatakan bahwa secara umum belajar dapat dipahami sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang meilbatkan proses kognitif. Slameto (2013: 2) menyatakan bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.

Sardiman (2014: 20) menyatakan bahwa ada beberapa definisi tentang belajar, antara lain dapat diuraikan sebagai berikut:
  1. Cronbach memberikan definisi: Learning is shown by a change in behavior as a result of experience.
  2. Harold Spears memberikan batasan: Learning is to observe, to read, to imitate, to try something themselves, to listen, to follow direction.
  3. Geoch, mengatakan: Learning is a change in performance as a result of practice.
Dari ketiga definisi di atas, maka dapat diterangkan bahwa belajar itu senantiasa merupakan perubahan tingkah laku atau penampilan, dengan serangkaian kegiatan misalnya dengan membaca, mendengarkan, meniru. Juga belajar itu akan lebih baik, jika si subjek belajar itu mengalami atau melakukannya.

Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang banyak sekali baik sifat maupun jenisnya karena itu sudah tentu tidak setiap perubahan dalam diri seseorang merupakan perubahan dalam arti belajar. Berikut ciri-ciri perubahan tingkah laku dalam pengertian belajar menurut Slameto (2013: 3):
  1. Perubahan terjadi secara sadar.
  2. Perubahan dalam belajar bersifat kontinu dan fungsional.
  3. Perubahan dalam belajar bersifat positif dan aktif.
  4. Perubahan dalam belajar bukan bersifat sementara.
  5. Perubahan dalam belajar bertujuan atau terarah.
  6. Perubahan mencangkup seluruh aspek tingkah laku.


Referensi:
Djamarah. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Slameto. 2013. Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Syah. 2011. Psikolgi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Posting Komentar

0 Komentar